Kepastian Keselamatan

Seseorang pernah bertanya kepada saya dan ini membuat saya berpikir dan bergumul untuk beberapa waktu lamanya. Pertanyaan yang mudah sebenarnya yaitu “jikalau anda mati hari ini, apakah anda yakin pasti masuk sorga?” Setiap orang pasti memiliki pengertian sendiri-sendiri mengenai hal ini. Tetapi pertanyaan ini bagus sekali untuk mengajak kita semua mulai berpikir karena ini adalah suatu hal yang serius. Kita manusia sering sekali berpikir dan berasumsi bahwa kita pasti akan hidup lama sampai hari tua sekali rambut putih semua baru kemudian mati. Bersyukur kepada Tuhan jikalau demikian, tetapi kita juga jangan terlalu menghibur diri dengan pengharapan yang demikian karena kita tahu bahwa orang hidup bisa kapan saja dipanggil dan sudah selesai kita. Saya ingat pada waktu pesawat Air Asia yang menuju ke Singapore dan jatuh itu. Ada satu keluarga beserta anak-anaknya yang semua tidak pernah sampai kepada rencana mereka di Singapore.

Sedih kadang jika memikirkan yang demikian. Tetapi anda dan saya harus menerima kenyataan bahwa hal-hal seperti ini benar-benar terjadi dan bukan hanya di berita saja. Mungkin suatu hari anda atau saya bisa menjadi bagian dari berita itu. Ketika manusia berada pada posisi puncaknya, karir bagus, uang banyak, keluarga ada, kesehatan sempurna, umur masih muda, seakan-akan masa depan akan seperti garis lurus yang panjang sekali ke depan. Mungkin baru setelah Tuhan pukul kita baru mulai sadar, itupun kalau Tuhan masih berbelas kasihan kepada kita. Kalau tidak dan kita dibiarkan-Nya begitu saja maka kitapun akan lewat.

Bagi orang yang benar-benar menolak Tuhan pasti dia tidak akan begitu peduli dengan pertanyaan ini. Keberadaan Tuhan saja dia tidak mau terima apalagi sorga. Maka pertanyaan ini akan lewat begitu saja. Tetapi ada beberapa orang yang kemudian mulai berpikir, iya ya kenapa kok saya belum pernah memikirkan secara serius tentang hal ini. Ada juga orang-orang yang dengan pasti menjawab “ya” pasti saya masuk sorga karena dia sudah memiliki suatu pengertian sendiri mengenai hal ini. Biasanya ini selalu dihubungkan dengan perbuatan baik manusia. Oh jika saya berbuat ini dan itu maka saya akan bisa masuk sorga. Tetapi pertanyaannya adalah sebaik apa perbuatan itu? Berikutnya ada beberapa orang yang memang sudah mengaku percaya Yesus Kristus dan mengatakan pasti akan masuk sorga. Tetapi apakah hanya dengan percaya saja pasti masuk sorga?

Mungkin ini adalah saat anda untuk berhenti dulu dari segala kegiatan kita, mengambil waktu sebentar, dan renungkan pertanyaan tsb. diatas. Untuk mencari pekerjaan atau sekolah, atau jodoh, kita bisa meluangkan banyak sekali waktu untuk bergumul. Bahkan kadang untuk hal-hal yang lebih sepelepun seperti mau makan malam apa saja kita menjadi bingung, tetapi hal yang jauh lebih penting seperti hidup yang kekal kita tidak pernah pikirkan secara serius. Semua orang akan mati, itu adalah kenyataan. Tetapi apa yang terjadi setelah kematian itu yang jarang orang pikirkan. Banyak sekali orang yang berpikir bahwa setelah kematian maka semuanya sudah berakhir dan kita hilang begitu saja. Kalau ini adalah kenyataannya mungkin akan jauh lebih baik untuk mereka, tetapi kenyataan bahwa ada kehidupan setelah kematian ini yang membuat banyak perbedaan. Karena jika kita hanya memikirkan sorga maka itu adalah satu konsekuensi saja dan jangan lupa bahwa kalau tidak masuk sorga itu berarti masuk neraka. Dimana didalam keadaan hidup kita akan disiksa selamanya. Dimanakah posisi anda dan saya?