Yang Perlu Anda Ketahui

Alkitab

Alkitab berisikan firman Tuhan yang diwahyukan kepada manusia. Terdiri dari Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab dan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab dengan total keseluruhannya 66 kitab. Perjanjian Lama terdiri dari 5 kitab Taurat Musa, kitab-kitab sejarah, puisi dan hikmat, dan nubuatan nabi-nabi. Perjanjian baru terdiri dari 4 Injil, kisah para rasul, surat-surat, dan wahyu. Alkitab adalah sarana yang disediakan oleh Allah untuk manusia bisa mengenal Dia.

Gereja

Gereja didalam Kristen bisa diartikan menjadi 2, yaitu gereja yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. Gereja yang kelihatan secara fisik bangunannya tempat beribadah orang Kristen setiap hari Minggu. Tetapi orang Kristen juga percaya adanya gereja yang tidak kelihatan yaitu merupakan kumpulan dari jemaat Kristus Yesus dari segala jaman. Gereja adalah salah satu lembaga yang Tuhan sendiri dirikan (Mat 16:18) selain daripada keluarga.

Baptis

Adalah tanda/meterai yang menandai seseorang menjadi Kristen. Baptis sering kali diasosiasikan dengan sunat pada Perjanjian Lama. Perlu diketahui bahwa baptis hanya merupakan meterai saja. Baptis tidak menjadikan seseorang menjadi Kristen. Baptis tidak dapat menghasilkan iman. Harus sudah beriman baru dibaptis.

Sabat

Adalah hari perhentian bagi orang Kristen. Sebenarnya sabat adalah hari Sabtu. Israel sampai sekarang sabat mereka adalah Sabtu. Tetapi Kristen menjadikan hari Minggu sebagai sabat. Tuhan didalam menciptakan semua dilakukan-Nya selama 6 hari dan pada hari ketujuh Dia berhenti. Hari ketujuh ditujukan untuk manusia berhenti dari segala kegiatan kerjanya dan beribadah kepada Tuhan.

Ibadah

Ibadah Kristen adalah yang dilakukan setiap hari Minggu di gereja. Ibadah berisikan pembacaan firman, puji-pujian, dan juga sakramen. Tetapi ibadah bukan hanya terbatas pada kegiatan hari Minggu ini saja. Ibadah Kristen yang sesungguhnya adalah bagi orang-orang Kristen untuk mempersembahkan hidupnya yang kudus bagi Tuhan (Rom 12:1), setiap harinya, setiap jam.